XXI Short Film Festival 2013, ajang pencarian bakat muda film nasional

XXI Short Film Festival 2013Untuk pertama kalinya, jaringan bioskop Cinema 21 menggelar festival film pendek berjudul XXI Short Film Festival 2013, yang akan berlangsung pada 21-24 Maret 2013, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta.

Festival ini digelar untuk menampilkan karya-karya terbaik anak bangsa dalam bentuk film pendek serta untuk mencari bakat-bakat muda dalam film Indonesia yang akan menjadi kekuatan dunia perfilman di masa mendatang.

Menurut Catherine Keng, dari Cinema 21, “Lewat festival film ini, Cinema 21 ingin menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan fil di Indonesia dengan menggali potensi generasi muda Indonesia yang ingin berkreasi lewat film pendek,”. ” Kami ingin melihat festival ini bisa menjadi ajang yang tepat untuk menjadi tolak ukur kualitas perkembangan film pendek Indonesia yang dapat ditayangkan untuk konsumsi masyarakat luas.”, tambahnya.
XXI Short Film Festival 2013 dibagi dalam dua jenis pemutaran, yaitu program kompetisi dan non-kompetisi. Untuk program kompetisi, telah terpilih 29 finalis dari 730 pendaftar film, yang merupakan jumlah terbesar untuk pendaftaran kompetisi film pendek Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Seluruh finalis ini sudah diumumkan dalam acara media gathering tanggal 21 Februari lalu. Finalis-finalis ini terbagi dalam tiga kategori kompetisi,     sepuluh finalis film pendek fiksi naratif, sembilan finalis film pendek animasi dan sepuluh finalis film pendek dokumenter.

Seluruh finalis ini akan berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan seperti Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik, Film Pendek Animasi Terbaik, Film Pendek Dokumenter Terbaik,    Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media (Media Choice Award), Film Pendek Animasi Pilihan Media (Media Choice Award), Film Pendek Dokumenter Pilihan Media (Media Choice Award), Film Pendek Pilihan Versi IFDC (Indonesia’s Film Directors Club) dan Film Pendek Favorit Pilihan Penonton. Selain itu, seluruh film pemenang akan diputar dalam program khusus kompilasi pemenang 21 Short di layar bioskop Cinema 21 seusai festival.

XXI Short Filmfestival 2013 - Juri

Dewan juri dalam XXI Short Film Festival 2013 terdiri dari Hanung Bramantyo, Ifa Isfansyah, dan Lola Amaria untuk kategori Film pendek fiksi naratif, Candra Endroputro, Hikmat Darmawan, Wahyu Aditya untuk kategori Film pendek aniasi dan Film pendek dokumenter akan dijuri oleh Abduh Aziz, Lulu Ratna, Vivian Idris.

Selain itu ada juga juri media untuk kategori Media Choice Award, yang terdiri dari Yan Widjaya (senior media perfilman), Adrian Jonathan Pasaribu (kritikus film), Leila s. Chudori (wartawan senior), Timothy Marbun (pembawa berita dan reporter), dan Dr. Teguh Priyo Sadono (praktisi akademis bidang media).

Untuk program non-kompetisi, XXI Short Film Festival akan menayangkan dua program film pendek internasional hasil kerjasama dengan Rome Independent International Short Film Festival, Italia, dan kompilasi film internasional dari manca negara. Salah satu film pendek internasional dalam kompilasi film ini adalah Curfew dari Amerika Serikat, yang merupakan Film Pendek Fiksi Terbaik di ajang 85th Academy Awards 2013.

Selain program film pendek internasional, ada juga kompilasi film pendek Out of Competition, yaitu film-film pendek dari pendaftaran kompetisi XXI Short Film Festival yang kami rasa sangat layak untuk ditampilkan di layar lebar selama festival, meskipun tidak mengikuti kompetisi.

Di luar kedua program ini, kini juga akan memutar program “Focus On Director”, yaitu program retrospektif film-film pendek karya dua sutradara berbakat. Yang pertama adalah B.W. Purbanegara, sutradara spesialis film pendek dari Purbalingga yang sudah melanglang buana dan banyak mendapatkan pengakuan serta penghargaan dari sejumlah festival film dunia. Yang kedua adalah Ifa Isfansyah, sutradara beberapa film ternama seperti Garuda di Dadaku dan Sang Penari, yang mengawali karirnya dengan film pendek dan masih aktif membuat film pendek sampai sekarang.

Selain program pemutaran, XXI Short Film Festival 2013 juga akan menghadirkan dua sesi workshop, yaitu Workshop Distribusi Film Pendek bersama praktisi bisnis perfilman dan penggiat komunitas film pendek, serta Rock Your Short!, yang merupakan workshop tentang bagaimana memberikan ilustrasi musik terhadap film pendek yang sedang dibuat.

Cara menonton serta jadwal program dapat dilihat di www.21shorfilm.com mulai tanggal 4 Maret 2013.