LLP-KUKM gandeng Seven Eleven, optimalkan pemasaran produk UKM

SEVEL - SMESCO (1)Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP KUKM) menjalin kerjasama dengan waralaba Seven Eleven guna memasarkan produk Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) agar bisa bersaing di pasar ritek kelas menengah Indonesia.

Sesuai dengan amanat UU No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Kecil, Kecil dan Menengah, Serta UU No 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil yang diperkuat dengan PP No 44 Tahun 1997 tentang Kemitraan, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) makin gencar dalam memajukan KUKM di tanah air, tidak hanya dilakukan melalui pameran dan promosi produk KUKM di dalam dan luar negeri namun juga melalui kemitraan sebagaimana dengan jaringan waralaba seperti Seven Eleven yang dikelola PT. Modern Putra Indonesia, anak perusahaan dari PT. Modernland Internasional.

SEVEL - SMESCO (2)Pilot project kerjasama ini diwujudkan dalam pembukaan gerai Seven Eleven ke 118 di Indonesia yang terletak di halaman depan gedung SME Tower Jakarta pada Rabu (06/02). Seven Eleven – UKM Corner merupakan ritel moderen yang sekaligus menjual produk-produk KUKM dari LLP-KUKM.

Barang yang ada dalam Seven Eleven – UKM Corner tersebut terdiri dari produk makanan dan minuman yang biasa ditemukan di gerai Seven Eleven ditambah dengan produk makanan minuman hasil karya KUKM, dengan standarisasi sesuai Seven Eleven. Produk UKM yang masuk dalam Seven Eleven – UKM Corner memang telah melalui seleksi dan kurasi produk yang dilakukan oleh pihak Seven Eleven. Saat ini sudah menjual 30 produk dari 20 KUKM di Jabodetabek. Jumlah KUKM binaan LLP-KUKM sendiri sejumlah 1300.

SEVEL - SMESCO (3)Menurut Direktur Utama LLP-KUKM, Yuana Sutyowati pemilihan Seven Eleven sebagai pioner dalam pilot project ini karena Seven Eleven merupakan waralaba moderen dan memiliki citra yang terkenal baik di tingkat nasional maupun global. Dengan demikian, kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan produk kuliner KUKM di tingkat nasional maupun mancanagera.

Pihak Seven Eleven, menurut Presiden Direktur PT. Modern Putra Indonesia, Henri Honoris, selain menjadi lokasi penjualan produk KUKM, juga akan memberikan pelatihan, teknologi dan akses pasar bagi para anggota LLP-KUKM, salah satunya megenai branding dan packaging. Menurut Henri Honoris, selama ini produk UKM sulit menembus gerai pasar modern salah satunya karena faktor kemasan dan penampilan. Dengan kerjasama ini dan peningkatan kualitas produk yang memenui standar kami, kedepan produk-produk KUKM akan dapat di jumpai di gerai-gerai Seven Eleven.

SEVEL - SMESCO (4)Sebagaimana seperti gerai Seven Eleven lainnya di tanah air, Seven Eleven UKM Corner buka 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Konsep bisnis yang dijalankan UKM Corner ini sama yakni pembeli bisa melakukan transaksi take and away atau bisa nongkrong di outlet tersebut sambil membeli produk KUKM lainnya yang ada di UKM Gallery dan Paviliun Provinsi.

LL-KUKM juga berharap dengan kerja sama ini akan meningkatkan  jumlah kunjungan ke UKM Gallery dan Paviliun Provinsi di Gedung SMESCO, dimana pada akhirnya akan meningkatkan pula transaksi. Selain itu LL-KUKM juga berharap produk makanan dan minuman KUKM nantinya bisa ditemukan di seluruh gerai Seven Eleven di tanah air dan mancanegara, pungkas Yuana Sutyowati.